installasi jaws17 pada windows10

Posted by Muhammad on 00.56

installasi jaws17 pada windows 10

hello para sahabat. pada perjumpaan kali ini saya akan membawakan salah satu tutorial, gimana mungkin tutorial ini sudah tidak asing lagi bagi sahabat netra. seperti pada judul diatas, tutorial yang saya bawakan kali ini adalah tentang installasi salah satu screen reader untuk system operasi yang sudah banyak dikenal, yaitu windows. windows sendiri adalah system operasi buatan microsoft, dan sudah sangat familiar dikalangan sahabat semua. sebenarnya, screen reader (pembaca layar) pada windows tidak hanya JFW, (Jaws For Windows) melainkan ada beberapa pembaca layar lain, seperti NVDA (NonVisual Desktop Access), Window eyes, dan screen reader bawan dari windows sendiri, yaitu narrator. tetapi yang paling banyak digunakan oleh para sahabat netra saat ini adalah screen reader JFW (jaws for windows) dengan TTS eloquence ataupun TTS vocalizer.

mengenal sejarah JFW (jaws for windows)

JAWS pertama kali dirilis pada tahun 1989 oleh Ted Henter. Ted Henter merilis alat ini untuk memudahkan dirinya yang kehilangan penglihatan pada tahun 1978 saat kecelakaan kendaraan bermotor. Pada tahun 1985 Ted Henter mendapatkan investasi dari Bill Joyce senilai $180,000, Bill Joyce adalah seorang pendiri Henter – Joyce Corporation di St. Petersburg, Florida. Kemudian pada tahun 1990 Joyce menjual balik perusahaannya ke Ted Henter. Pada tahun 2000, Ted Henter, Joyce, Blazie Engineering, dan Arkenstone bersepakat menggabungkan perusahaan mereka yang dinamakan Freedom Scientific. JAWS yang asli dibuat untuk MS-DOS operating system. JAWS adalah berbagai layar yang memberikan penderita tunanetra kemudahan untuk menggunakan program dalam MS-DOS berbasis teks. Keunikan ''feature'' JAWS adalah menggunakan menu cascading yang populer dalam program Lotus 1-2-3. Lalu apa bedanya screen readers saat masih dalam era macros? Perbedaanya adalah kemampuan screen reader bertambah menjadi kemampuan user interface dan kemampuan bekerja lebih baik dari aplikasi lainnya. Ted Henter dan Rex Skipper mengkoding kode asli JAWS di pertengahan tahun 1980, kemudian pada tahun 1990 Ted Henter dan Rex Skipper kembali merilis JAWS versi 2.0. Setelah menyelesaikan JAWS versi 2.0 Rex meninggalkan perusahaan Freedom Scientific, lantas perusahan tidak tinggal diam. Perusahaan Freedom Scientific kemudian mengajak Charles Oppermann untuk menambahkan dan memperbaiki produk. Rekan kerja Ted Henter selanjutnya adalah Oppermann, Oppermann dan Ted selanjutnya menambahkan secara reguler mulai dari fitur minor sampai mayor. Dan kemudian secara bertahap merilis JAWS versi yang lebih baru untuk MS-DOS yang kemudian ditawarkan perusahaan Freedom Scientific secara gratis caranya adalah hanya dengan mengunduhya. Pada tahun 1993, Ted Henter dan Joyce merilis kembali JAWS versi terbaru dengan berbagai modifikasi, tentunya meningkatkan performa JAWS. Produk baru ini ditujukan bagi orang yang tidak memiliki kemampuan belajar. Produk ini kemudian dinamakan dengan WordScholar. Sejalan dengan perjalanan waktu MS-DOS mulai ditinggalkan banyak orang karena muncul tawaran baru, yaitu Microsoft Windows. Pergeseran penggunaan MS-DOS ke Microsoft Windows memaksa JAWS screen reader dapat tetap digunakan. Opppermann memulai lagi bekerja untuk JAWS yang baru tujuannya adalah tidak hanya JAWS yang bisa dioperasikan dengan Microsoft Windows tetapi juga menyediakan fasilitas makro yang kuat. Versi test dan beta JAWS untuk Windows (JFW) ditampilkan dalam konverensi pada tahun 1993 dan 1994. Sejak saat itu pengembang bernama Glen Gordon mulai mengkoding kode untuk JFW. Kemudian Oppermann diminta untuk bekerja oleh Microsoft di bulan November 1994 untuk terus mengembangkan JAWS screen reader. Januari 1995 diluncurkan kembali JAWS screen reader versi terbaru, yaitu JAWS screen reader untuk Windows 1.0. (dikutip dari wikipedia.)

tahap installasi jaws

nah sahabat, setelah kita mengetahui sejarah screen reader jaws, kini saatnya masuk kepenjelasan cara installasi. yang harus disiapkan: - laptop/komputer yang menggunakan system operasi windows. - file jaws for windows beserta kelengkapannya yang bisa anda download pada bagian akir postingan ini. oyah, sebelum melangkah pada tahap berikutnya, komputer yang akan diinstall jaws harus punya screen reader aktiv, gunakan saja narrator, screen reader windows.

Tahap installasi

  1. download file jaws beserta kelengkapannya pada akir postingan ini, dan perhatikan juga versi windows yang sahabat gunakan, apakah itu windows 64 bit ataupun windows 32 bit. nd: bagi yang sudah punya file jaws beserta kelengkapannya, lewatkan saja langkah ini.

  2. extract file yang sudah sahabat download, bisa menggunakan winrar atau program extractor lainnya. -ini juga sama, apabila sahabat sudah punya file yang sudah di-extract, lewatkan langkah ini.
  3. masuk pada folder yang telah sahabat extract, dan temukan file J17.0.bla-bla-bla, kemudian tekan enter. nd: sebelum kita menekan entr pada file J17 tersebut, sebaiknya matikan dulu screen reader yang berjalan
  4. setelah menekan enter pada file J17, maka kita akan dihadapkan dengan tampilan seperti ini: "JAWS Setup Package dialog Welcome to the JAWS setup package. To begin the installation, press ENTER or choose Next. To cancel the installation, press Escape or choose Cancel." tekan alt+n untuk next, dan tunggu prosesnya sedang berjalan, ditandai dengan suara klik. lambat cepatnya proses ini, tergantung processor komputer kita. nd: apabila muncul dialog seperti ini: "JAWS Setup Package" --------------------------- "Setup has made changes that require you to restart your computer. Press ENTER to continue." tekan enter untuk me-restart komputer, dan setelah selesai restart, maka proses jaws akan berjalan secara otomatis.
  5. setelah bunyi klik-klik selesai, dan digantikan dengan suara text to speatch eloquence, kita dihadapkan pada tampilan welcome lagi, namun agak berbeda. "JAWS Install dialogue Welcome to the JAWS 17.0 Setup Wizard" "The Setup Wizard will install JAWS on your computer. Choose Next button to continue, or choose Cancel to exit the Setup Wizard." tekan alt+n untuk next.
  6. kemudian kita dihadapkan dengan tampilan End-user lisence agreement, beri tanda centang saja pada "I accept the terms in the License Agreement", dan tekan alt+n lagi untuk next.
  7. pada langkah ini, kita akan dihadapkan tampilan Choose Setup Type, maka disini ada beberapa pilihan, ada Typical dan custom. untuk menginstall sesuai selera kita, pilih custom dan tentukan lokasi penginstallan jaws yang biasanya berada pada drive C:\Program Files\Freedom Scientific, bisa dipindah sesuai selera kita, tetapi jika ingin sesuai standar yang telah ditentukan jaws, pilih saja Typical. karena saya belum pernah pilih custom, kita coba pilih Typical dengan menekan alt+t.
  8. setelah kita memilih Typical, maka akan dibawa pada tampilan ready to install, tekan alt+I untuk melanjutkan.
selesai, sekarang sahabat telah memiliki screen reader jaws yang telah terinstall di-komputer sahabat.

cara meminumkan jamu

jaws sendiri sebenarnya screen reader yang berbayar, dan cukup lumayan harganya, maka agar screen reader jaws tidak demo 45 menit kita harus meng-copy yang disebut file jamu, biasanya file tersebut sudah terdapat pada file yang telah sahabat download, nama folder-nya disebut crack atau yang sejenis.

langkah-langkah

  1. setelah proses installasi jaws selesai, maka biasanya akan terdapat dialog dan ada pilihan finish button, ups, jangan langsung pilih finish, tetapi matikan dahulu screen reader jaws agar bisa lanjut pada proses berikutnya. cara mematikan jaws bisa dengan menekan alt+tab sampai menemukan jendela jaws run, kemudian tekan alt+f4, dan pilih ok. tentunya, kita harus menghidupkan screen reader lain untuk lanjut pada proses berikutnya, hidupkan narrator atau NVDA.

  2. berikutnya, temukan file JFW dari folder tempat menyimpan file mentahan jaws 17, dan tekan control+c untuk meng-copy file tersebut.
  3. kemudian, masuk drive C, temukan program files, tekan enter, temukan "Freedom Scientific", tekan enter, cari jaws lalu tekan enter, kemudian tekan panah atas/bawah pada 17.0, dan tekan enter.
  4. tekan control+v untuk paste file JFW, pilih copy and replace, dan pilih continue.
selesai, sekarang sahabat telah berhasil meminumkan jamu pada jaws 17.

trik agar jaws startup otomatis pada windows 10

sahabat, dikarenakan jamu dari jaws itu, maka pada windows 10 jaws tidak akan bisa berjalan. simak tips berikut agar jaws berjalan otomatis:

  1. pada folder tempat menyimpan file mentahan jaws 17, temukan file my Certificate.ser.
  2. tekan tombol aplikasi, jika keyboard laptop yang sahabat gunakan tidak ada tombol aplikasi-nya, maka sahabat bisa menekan sift+f10 sebagai gantinya.
  3. kemudian pilih install Certificate, maka akan dibawa pada tampilan Certificate Import Wizard, pilih Local Machine dengan menekan panah bawah, kemudian pilih next.
  4. pada tab ini masih dengan tampilan Certificate Import Wizard, tetapi sudah berbeda pilihan, kita pilih Place all certificates in the following store dengan menekan panah bawah, kemudian pilih browse button dengan menekan tab dua kali, tekan spasi/enter untuk memilihnya.
  5. pada tab Select Certificate Store, cari Trusted Root Certification Authorities dengan menekan panah bawah, tekan enter untuk memilihnya.
  6. langkah terakir, pilih next-next saja sampai finish button, maka akan muncul dialog, pilih saja ok.
selesai, sekarang sahabat bisa klik finish button pada jendela jaws install windo. jika ada dialog, pilih yes untuk restart komputer, jika tidak ada dialog yang muncul, maka jaws akan berjalan secara otomatis dan kita akan dibawa pada tampilan jaws startup wizard.

Langkah-langkah setting di Jaws Startup Wizard

sahabat, berikut ini saya akan hadirkan tutorial dari teman saya mengenai ini, bersumber dari grup IT center For The Blind dan dari mas Yoga Fitra Pratama Metallic

Langkah-langkah setting di Jaws Startup Wizard

Biasanya setelah installasi selesai (setelah computer/laptop/net book di restart) dan Jaws sudah menyala, kita akan dibawa ke Startup Wizard, dimana kita bisa setting kecepatan suara ketika membaca, dan lain-lain. Mari kita simak apa saja yang ada di Startup Wizard dan selamat membaca, semoga pengetahuan para pembaca bertambah dan bia berbagi pengalaman dengan teman-teman para pembaca yang lain. Penulis hanya akan membahas dua menu saja, agar yang empat menu selanjutnya bisa dijelaskan dengan yang sudah berpengalaman, maklumlah saya juga baru belajar dan kita akan belajar bersama.

A. Menu pertama (menu awal)

1. JAWS Startup Wizard dialogue Speech Settings Rate: 57. Left right slider 15%. Pada default, kecepatan Jaws membaca dengan Eloquence adalah 15%. Ini merupakan menu untuk setting kecepatan saat Jaws membaca text untuk kita, cara menavigasi atau menelusuri berapa persen kecepatan Jaws yang ingin kita setting itu dengan cara menekan panah, bisa atas, bawah, kanan, atau kiri. 2. Setelah selesai men-setting suara pada Jaws For Windows yaitu men-setting kecepatan saat membaca, dan itu adalah tab yang pertama, tab berikutnya akan sampai pada punctuation colin. Digunakan untuk memilih system  pembacaan tanda baca. Gunakan panah atas/bawah untuk memilihnya. Setelah tekan tab setelah men-setting kecepatan membaca, Jaws mengatakan: "Punctuation: Combo box." Opsi yang tersedia antara lain: None (tidak menyebutkan tanda baca dengan kata-kata tapi dengan intonasi). Some (JAWS akan menyebutkan beberapa tanda baca). most (JAWS akan menyebutkan sebagian besar tanda baca seperti periot atau titik, comma atau koma). All (JAWS akan menyebutkan semua tanda baca). 3. Typing Echo: Combo Box Pada menu ini ada beberapa pilihan yaitu: Off Characters Words Characters and Words Jika sobat ingin agar setiap sobat menekan space atau spasi Jaws membacakan kata-kata yang telah sobat ketik, pilihlah yang terakhir yaitu Characters and Words. Setelah selesai setting, kita tab sampai Next button, atau langsung tekan enter.

B. Menu kedua

JAWS Startup Wizard dialogue Run JAWS Settings If you select "Start JAWS at the Logon screen," JAWS will be loaded at the logon screen. If you select "Start JAWS after logon for all users," JAWS will be loaded after logon for all users.  You can also choose how JAWS will be loaded after logon for this user. Nah, pada menu ini kita bisa mengatur automatic atau Jaws ini bisa otomatis menyala ketika suara musik dari Windows telah terdengar (setelah komputer masuk ke desktop). Disini ada beberapa pilihan antara lain: - Start JAWS at the Logon screen check box check (ini biarkan saja). - Kita tekan tab akan menuju: Start JAWS after logon for all users check box not check (Ini dia yang kita setting agar Jaws otomatis menyala, tekan spasi atau space untuk mengubahnya menjadicheck). - Tab berikutnya: Start JAWS after logon for this user: Combo box Always (Jika ingin tetap otomatis menyala, maka menu ini jangan dirubah). - Tab berikutnya: Run JAWS from System Tray check box not check. Pada menu Run JAWS from System Tray ini ada dua pendapat, apabila ini kita rubah menjadi check, maka Jaws tidak akan tampil ketika kita menekan Alt+Tab, namun jika tidak dirubah, setelah kita membuka aplikasi yang kita aktifkan dan kita menekan Alt+Tab maka Jaws akan tampil. Pilih dengan selera masing-masing.

C. menu ketiga (command option)

pada menu ini akan ada beberapa dialog, tekan tab untuk bernafigasi antar dialog, dan tekan panah atas/bawah untuk mengubah menu. yang penulis jelaskan disini hanyalah menu keyboard. tekan tab sampai menemukan menu choose keyboard Layout, dan sesuaikan dengan keyboard yang sahabat gunakan dengan menekan panah bawah/atas, jika sahabat menggunakan laptop pilih laptop. Pada menu ketiga ini telah selesai, dan kita tekan next button sampai finish button, maka Jaws akan siap digunakan. Sebenarnya masih ada tiga menu lagi, namun itu kita abaikan saja.

tentang vocalizer

dengan kemajuan sekarang ini, Vocalizer sudah bisa diinstall pada jaws 17, langkah penginstallan-nya sama perses seperti menginstall jaws, ada tampilan End-user lisence agreement dan Choose Setup Type. tinggal sahabat baca lagi langkah awal penginstallan jaws.

cara berpindah antar Synthesizer eloquence dan vocalizer.

  1. setelah sahabat menginstall vocalizer, dan sudah memilih finish button, matikan screen reader jaws dengan menekan insert+f4 dan pilih ok button.

  2. Kemudian tekan windows+m untuk menuju desktop, tekan huruf j untuk menuju jaws17.0, and tekan enter untuk menyalakannya. ini bertujuan agar Vocalizer yang kita install muncul pada Synthesizer list.
  3. cara berpindah, tekan tombol insert+control+s untuk membuka Synthesizer list, dan temukan vocalizer dengan menekan panah bawah, lalu tekan enter untuk memilihnya.
selamat! sekarang komputer sahabat telah bersuara dengan vocalizer yang telah sahabat install

Download JAWS 17-june2016 release-32bit, 300MB Download JAWS 17-june2016 release-64bit, 312MB Download Damayanti premium high Download Damayanti premium dengan demikian, maka berakhirlah tutorial kali ini, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat. sampai ketemu dalam perjumpaan berikutnya, salam.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 00.56

3 komentar:

  1. Mantap tutorialnya gan, lengkap dan jelas. Btw Dditunggu kumbalnya di gubuk ana gan. :) Kostolesteksistikustu

    BalasHapus
  2. mas, di windows 10 saya kok tidak bisa masuk ke windows log on screen menggunakan jaws?

    BalasHapus
  3. mas, gimana cara install laila di windows 10?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
CB